Kita Berbeda tapi Kita Sama

Kemarin (18/08/10) saya ke Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) di Banjarmasin untuk mengambil KRS dan Buku Pedoman Akademik UNLAM. Berangkat dari kota Barabai pada pukul 7 pagi, saya baru sampai di tujuan pukul 11. Dari ‘perjalanan-panjang-berjam-jam-hanya-untuk-mengambil-kertas’ itu saya menyaksikan sebuah kejadian yang cukup menarik.

Saat beristirahat dengan teman-teman di depan Rektorat, setelah menyelesaikan semua urusan, kami sempat dikejutkan dengan munculnya dua orang mahasiswi dari dalam Rektorat. Bukan, mereka bukan Shinta dan Jojo ‘keong racun’, bukan pula The Virgin, The Sister, ataupun orang terkenal lain. Mereka hanya mahasiswi biasa, setidaknya berlabel biasa bagi kami ‘sang maba’.

Apa yang unik dari mereka? Adalah penampilan keduanya yang sangat kontras. Mahasiswi yang satu berjilbab lebar dengan baju longgar, seperti umumnya anak rohis. Sedangkan yang satunya tipikal mahasiswi kota besar dengan rambut dicat, pakaian agak mini dan dandanan cukup meriah. Mereka mengobrol dengan akrabnya, berlalu melewati kami yang ternganga dalam hati. *emang bisa ternganga dalam hati? XD*

See? Jika kita cermati, banyak sekali hal-hal semacam itu di sekitar kita. Saya juga kenal pasangan sahabat beda agama yang sangat akrab. Jika melihat sekilas, kita tidak akan tahu bahwa mereka punya keyakinan yang berbeda, kecuali saat tiba waktu sholat. Atau mungkin anda kenal dengan mereka yang bersahabat atau malah menikah dengan perbedaan status sosial? Kita bisa menemukannya di banyak tempat.

Seperti semboyan Negara kita, Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu jua. Perbedaan tidaklah menjadi penghalang dan rintangan hidup, ia bisa menjadi pemersatu berbagai hal berbeda. Perbedaan, jika ditempatkan pada tempat dan waktu yang tepat akan menjadi sesuatu yang indah dan manis. Dengan perbedaan yang dimiliki tiap orang, kita bisa saling melengkapi satu sama lain.

Perbedaan itu indah, bukan?

9 thoughts on “Kita Berbeda tapi Kita Sama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s