Lomba Menulis Catatan Heroik Perempuan : GIRL’S POWER

Lomba Menulis Catatan Heroik Perempuan : GIRL’S POWER

oleh El Kinanti pada 25 Maret 2011 jam 23:03

Oleh : EL Kinanti

Bismillahirrahmanirrahim…

LATAR BELAKANG

Temans, sepanjang bulan April hingga Mei ternyata adalah bulan-bulan penuh catatan heroik, baik dari kategori pahlawan wanita, pahlawan pendidikan hingga pahlawan revolusi yang terabadikan dalam Hari Besar Nasional : Hari Kartini (21 April), Hari Pendidikan Nasional (2 Mei) hingga Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei).

Hingga tergelitik rasanya ingin mengabadikan momen terindah ini dalam sebuah catatan heroik perempuan, dalam sebuah lomba menulis bertemakan GIRL’S POWER. Tulisan tidak selalu harus bertemakan tentang pejuang nasional, namun siapapun di sekitar kita bisa saja bersikap dan bermental pejuang. Terbuka untuk lelaki atau perempuan, cowok atau cewek, asalkan tokoh dalam tulisan notabene ‘Perempuan’, dan orang yang memang kamu kenal baik.

Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati kebangkitan semangat EL Kinanti untuk tetap konsisten menulis, meski hobinya ini putus sambung dan dalam kondisi apapun. Serta memperingati Milad ke 40 EL Kinanti di tanggal yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei.

Sedikit hal tentang EL Kinanti adalah dari beberapa buku baik yang ditulis sendiri maupun antologi bersama yang telah diterbitkan, antara lain:  Antologi Puisi Mengenang Ibu Tien Suharto (1994), Antologi Lovely Lebaran – La Tahzan (Indie Publishing – Februari 2011), Buku Kumpulan Cerpen UNFORGIVEN (Indie Publishing – Maret 2011),  Buku Kumpulan Cerpen NIGHTMARE (dalam proses terbit, 2011), Antologi Scary Moment (dalam proses terbit, Indie Publishing, 2011), dan Antologi 55 Surat Cinta Untuk Rasulullah  serta Antologi Baby Traveler (dalam proses terbit, 2011).

PERSYARATAN LOMBA DAN KETENTUAN-KETENTUAN LAINNYA.

Persyaratan Umum :

  1. Lomba ini terbuka untuk umum tanpa batasan usia, gender, maupun profesi.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, dalam bentuk narasi, diketik di kertas A4, spasi 1,5, font TNR ukuran 12, margin normal, dengan panjang naskah berkisar antara 3-6 halaman. Boleh diselipkan dialog di dalam tulisan.
  3. Naskah harus asli, bukan terjemahan, saduran atau hasil plagiat.
  4. Tema : GIRL’S POWER. Catatan heroik perempuan, berdasarkan Kisah atau Pengalaman Nyata.
  5. Naskah belum pernah dipublikasikan di media manapun dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.

Persyaratan Khusus :

  1. Tidak boleh menuliskan nama dan identitas lainnya pada naskah.
  2. Tuliskan Biografi Naratif maximal 100 karakter, dan info lain berupa Nama Asli, Nama FB, Judul Tulisan, No HP, No Rekening yang masih aktif, Email dan alamat rumah; yang ditulis pada lembaran terpisah.
  3. Artikel dikirimkan via email ke naskah_eniyalindakinanti@yahoo.co.id, dengan format subject : LMCHP_EL Kinanti_Judul_Penulis. Contoh : LMCHP_EL Kinanti_Wanita Kuli Panggul_Ahmad.
  4. Peserta diharap memposting materi lomba di account FB dengan mentag El Kinanti, serta minimal 30 teman peserta lainnya.
  5. Yang diposting pada notes di account FB peserta hanya materi lomba saja dengan subject : LMCHP – Lomba Menulis Catatan Heroik Perempuan: GIRL’S POWER.
  6. Lebih disukai naskah yang dilengkapi dengan gambar pendukung (misal foto si tokoh serta aktifitasnya).

Ketentuan Umum :

  1. Diharapkan kepada peserta agar meng-add El Kinanti di facebook, sebagai penyelenggara lomba.
  2. Naskah artikel pemenang akan dibukukan dan diusahakan bisa diterbitkan oleh penerbit umum. Namun jika tidak ada penerbit yang melirik, maka kumpulan empatpuluh catatan terbaik bersama catatan EL Kinanti akan diterbitkan secara indie.
  3. Ke-empatpuluh peserta dengan catatan terbaik akan mendapatkan Piagam Elektronik. Dan, tiga pemenang akan mendapatkan hadiah berupa :

Juara I       : Total uang tunai Rp 125.000,- + Piagam, paket buku karya EL Kinanti dan buku Antologi GIRL’S POWER.   Juara II      : Total uang tunai Rp 75.000,- + Piagam, salah satu buku karya EL Kinanti, buku Antologi GIRL’S POWER. Juara III    : Total uang tunai Rp 50.000,- + Piagam, dan salah satu buku karya EL Kinanti.

4. Tidak ada pembagian royalty bagi naskah peserta yang ikut dibukukan.

5. Total Hadiah yang diterima pemenang : Hadiah bisa berubah (bertambah) jika ada donatur yang menyumbang. (Mohon di-inbox ke FB El Kinanti)

6. Naskah ‘Catatan Heroik Perempuan’ Peserta akan dinilai langsung oleh EL Kinanti yang akan dibantu oleh penulis senior lain.

7. Hanya naskah yang memenuhi persyaratan umum dan khusus, yang akan dinilai.

8. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.

9. Untuk segala pertanyaan seputar lomba bisa langsung ke inbox El Kinanti

Ketentuan Khusus :

  1. Waktu lomba terhitung  tanggal 25 Maret –  19 April 2011 pukul 23.59 WIB
  2. Pengumuman Update Peserta tanggal 21 April 2011, bertepatan dengan Hari Kartini.
  3. Pengumuman Empat Puluh Naskah terbaik pada tanggal 20 Mei 2011 bertepatan dengan Milad EL Kinanti yang ke-40 dan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.
  4. Pemenang diumumkan pada tanggal 31 Mei 2011 pada Notes di akun FB EL Kinanti (pemenang akan dihubungi langsung via sms).
  5. Pengumuman Penerbitan Naskah Catatan Heroik Perempuan : GIRL’S POWER, pada bulan Juni 2011
  6. Pengiriman Hadiah dan Penghargaan kepada Tiga Pemenang antara tanggal 1-7 Juni 2011

Yuuk ah, gerakin tangan temans untuk menuliskan catatan heroik perempuan yang bertebaran di sekitar kita. Tolong sebarkan notes ini. ^_^ …

Salam Kreatif,

EL Kinanti

(Eniya Linda Kinanti)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s