Wisuda: Selamat Datang di Alam Liar

Belakangan ini banyak teman-teman saya yang memasang foto wisudanya di berbagai jejaring sosial. Memang lagi jaman wisuda sih, dan memang generasi saya lagi jamannya lulus-lulus kuliah. Melihat fenomena ini saya senyum aja, kebetulan saya masuk kloter pertama kelulusan. Waktu pertama pakai toga saya juga pasang fotonya dimana-mana,  bangga rasanya telah melewati perjuangan di hutan rimba, dan akhirnya kembali ke kota.

Tapi kenyataannya?

Kenyataannya selepas lulus, bukannya ke kota, malah terjerumus ke alam liar lagi. Alias NGANGGUR! Sebagai lulusan biasa-biasa saja, cari kerja tidak semudah apa yang dirasa pasangannya-aku-di-lagu-mudah-saja-sheilaon7 yaaaa.

Mudah saja bagimu. Mudah saja untukmu….



Terhitung hampir 5 bulan sejak saya dinyatakan sebagai alumni sampai saya resmi bekerja. Bayangkan saja apa yang saya kerjakan selama 5 bulan? Boeeesaaaan pollll!

Nah buat kawan-kawan yang menyandang status baru -sementara- sebagai pengangguran, berikut beberapa tips agar gak mati kutu banget selama nganggur:

1. Manfaatkan waktu bersama keluarga
Jika dulu kita selalu sibuk dengan tugas kuliah, apalagi bagi anak rantau yang jauh dari orang tua. Masa nganggur ini adalah masa yang paling baik untuk memaksimalkan bakti pada orang tua. Bantu mereka melakukan pekerjaan rumah, temani mereka untuk sekedar nonton tv, makan bareng, atau jalan-jalan satu keluarga. Bayarlah waktu selama 4 tahun terpisah jauh dengan mereka.

2. Perbanyak ibadah
Kemarin tidak bisa rutin dhuha karna alasan kuliah? Sekarang bisa dapat waktu seluasnya untuk beribadah. Rutinkan sholat dhuha dan tahajud, biasakan sholat wajib di awal waktu, perbanyak dzikir, perbanyak tadarus, dll. Sambil berdoa juga semoga usahanya dilancarkan dan diberikan rejeki yang halal. Tapi bukan berarti sibuk dijadikan alasan untuk mengurangi ibadah yaaa, setidaknya jadikanlah momen nganggur untuk loncatan jadi pribadi yang lebih baik di jalan-Nya.

3. Tekuni hobi
Yang doyan olahraga, bisa olahraga tiap hari, hitung-hitung jaga kesehatan. Yang hobi nulis, bisa dimanfaatkan waktunya untuk menulis, kali aja bisa terbit bukunya. Intinya, pakai waktu yang ada untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif yang kita sukai. Jangan pakai jurus makan-tidur-makan-tidur saja, hehe. Karena disamping tidak menyehatkan, hal itu juga bisa membuat kita mendapatkan pesan halilintar “sarjana kok kerjaannya tidur melulu!” dari mama :D

4. Belajar hal baru
Lepas status mahasiswa bukan berarti berhenti belajar. Pelajari lagi apa yang kita dapat di bangku kuliah, atau jika ada minat di bidang lain pelajarilah bidang itu. Gak papa otodidak aja, yang penting ada niat. Menuntut ilmu itu ibadah lhoo, jadi kita tidak akan rugi. Apalagi buat yang berencana ikut tes CPNS, bisa tuh pelajari soal-soal tahun terdahulu :)

5. Waktunya kumpul bocah
Ini bener! Poin ini jangan sampai terlewatkan, karena sudah saya alami sendiri. Di masa nganggur, gunakanlah untuk bersilaturahim dengan kawan-kawan yang juga sama-sama nganggur. Selain bisa saling berbagi info lowongan kerja, masa-masa kumpul ini akan semakin langka didapat jika kita sudah dapat kerja nantinya. Jadi usahakanlah bisa ikut nongkrong meski sekedar ngobrol ngalur-ngidul selama waktunya masih ada. Memasuki dunia kerja nanti, akan sangat sulit mencari waktu untuk bersama, apalagi jika nanti satu per satu dari kita menikah dan memiliki kehidupan baru.

bersenang-senanglah karena hari ini akan kita rindukan di hari nanti, sebuah kisah klasik untuk masa depan.
bersenang-senanglah karena waktu ini akan kita banggakan di hari tua….
(Kisah Klasik Untuk Masa Depan – Sheila on 7)

Yap. Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan. Tentu masih banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan di masa nganggur. Jangan bosan untuk cari info loker di berbagai media, yaaaaaaa :)

Selamat datang di alam liar, guys.

2 thoughts on “Wisuda: Selamat Datang di Alam Liar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s