07 Des : Album Paling Romantis dari Sheila On 7

image

Jika boleh membanding-bandingkan komposisi lagu di album-album milik Sheila On 7, maka saya akan lantang meneriakkan bahwa album ketiga mereka, 07 Des, adalah album paling romantis sepanjang masa! Dengan 14 track, hampir semuanya mampu membuat para wanita klepek-klepek mendengarnya.

Masih belum percaya? Oke. Di waktu yang tepat ini, sesuai dengan judul albumnya, saya akan ulas sedikit materi-materi di album 07 Des. Sesuai pendapat saya pribadi tentunya lhooo ya, jangan disamakan dengan pengamat musik, hehe. Meski tentu saja sebagai Sheilagank saya akan menyanjung karya-karya mereka, tapi di tulisan kali ini saya akan bicara sebagai ‘perempuan biasa’ yang mencoba memahami setiap lagu di album 07 Des.

Kita mulai dengan tracklist album 07 Des (2002) berikut:
1. Tunjukkan Padaku
2. Hingga Ujung Waktu
3. Seberapa Pantas
4. Seandainya
5. Buat Aku Tersenyum
6. Saat Aku Lanjut Usia
7. Mari Bercinta
8. Terimakasih Bijaksana
9. Takkan Pernah Menyesal
10. Tentang Hidup
11. Bapak-Bapak
12. Percayakan Padaku
13. Pia Kesepian
14. Waktu Yang Tepat Untuk Berpisah

Dilihat sekilas dari judul, hanya 2 yang nampaknya mengangandung unsur kesedihan, yaitu dua track terakhir. Tapi baiknya kita ulas satu-satu untuk membuktikan apa memang pantas judul postingan kali ini.

TUNJUKKAN PADAKU
Tunjukkan padaku kau slalu mencintaiku, jadilah pelindung bagi sayapku.

Di lagu ini si pria meminta pembuktian cinta dari si wanita. Meski terkesan agak gombal, dia nampaknya terlalu takut jika suatu saat akan ditinggalkan oleh pasangannya. Bahwa dia tak akan bisa hidup tanpa si wanita, katakanlah sayang semua hal yang kau benci dari diriku, hingga dia meminta si wanita untuk mengatakan semua hal buruk tentang dirinya, agar dia bisa memperbaiki diri tentunya.

Pernah membayangkan seorang pria memohon pada wanita? Di lagu ini, si pria tidak gengsi untuk melakukannya. Karena memang, dia tak bisa hidup tanpa si wanita. Aku berjanji selalu menemani langkahmu dalam setiap hela napasmu.

HINGGA UJUNG WAKTU
Akhirnya kumenemukanmu, saat ku bergelut dengan waktu. Beruntung aku menemukanmu, jangan pernah berhenti memilikiku hingga ujung waktu.

Saya pikir tak perlu banyak kalimat untuk menunjukkan betapa manisnya lagu ini. Dengan lirik yang puitis dan musik yang begitu lembut, makna lagu ini langsung menancap dalam di hati siapa pun yang mendengarnya. Keromantisan lagu ini diperkuat lagi dengan bait terakhir, yang saya pastikan akan membuat wanita manapun berkaca-kaca terharu.

Saat kau menjadi istriku nanti, jangan pernah berhenti memilikiku hingga ujung waktu.

SEBERAPA PANTAS
Di lagu ini si tokoh begitu meragukan pasangannya, apa dia pantas untuk ditunggu? Apa dia mampu menemani hidupnya saat susah? Namun akhirnya si pria menyadari bahwa memang dia lah yang benar-benar bisa memahami dirinya. Toh!

Celakanya hanya kaulah yang benar-benar aku tunggu. Hanya kau lah yang benar-benar memahamiku…

SEANDAINYA
Meski ini lagu berkisah tentang perpisahan, bagi saya ini tetap dalam kategori romantis. Kenapa? Karena mengajarkan kesetiaan walau jarak memisahkan. Karena berjauhan akan dapat hasil setimpal jika alasannya demi kebaikan masa depan.

Aku pergi untukmu, merangkai mimpi lewati waktu. Semua itu jalan kita. Akan kujaga kubina selamanya rasa di dalam hati. Walau diriku jauh. Ku ingin kau menunggu sampai kudatang padamu.

Mungkin akan cocok untuk mereka yang LDR karena menuntut ilmu atau bekerja di tempat lain ya? Kayak saya hihihi.

BUAT AKU TERSENYUM
Ini mah gak usah saya jelaskan ya?

Bila ku lelah tetaplah di sini, jangan tinggalkan aku sendiri.
Bila ku marah biarkanku bersandar, jangan kau pergi untuk menghindar.

Dan…

Karena engkau lah satu-satunya untukku dan pastikan kita slalu bersama…

SAAT AKU LANJUT USIA
Musik dan lirik yang lucu tidak mengurangi keromantisan lagu ini. Lagu yang bisa berlaku untuk pasangan mau pun sahabat ini mengisahkan bahwa hubungan tak akan berakhir meski kita sudah berusia lanjut. Semuanya akan tetap sama, walau rambut mulai rontok ataupun perut sudah membuncit. Setia itu selamanya.

Genggam tanganku saat tubuhku terasa linu. Kupeluk erat tubuhmu saat dingin menyerangmu. Kita lawan bersama dingin dan panas dunia. Saat kaki tlah lemah kita saling menopang…

TERIMAKASIH BIJAKSANA
Percaya apapun yang akan terjadi nanti, kau tetap pesona rahasia di lagu ini.

Ini mungkin salah satu lagu wajib sheilagank ya, hihi. Musiknya sangat pas untuk dibawa jingkrak-jingkrakan. Lagu ini berkisah tentang si tokoh yang mengaku player, kuakui ku tak hanya hinggap di satu hati, dan berterimakasih pada kekasihnya yang telah mau memahami dan menerimanya apa adanya. Bahwa semua hati yang ia singgahi hanyalah demi egonya, namun sikap si wanita yang begitu baik telah merobohkan semua niat main-mainnya.

Aku goreskan lirik sederhana untuk dirimu yang sungguh mempesona. Memahamiki dan mencintaiku apa adanya…

TAKKAN PERNAH MENYESAL
Kita tahu bahwa hidup bersama tak melulu indah, akan datang keadaan dimana kita harus berjuang untuk keluar dari keadaan yang busuk, dari cobaan hidup yang mungkin terasa berat bagi kita.

Jangan pernah menyerah pada keadaan busuk ini.

Meski terkesan agak sedih, di lagu ini kita disuguhkan sebuah arti kebersamaan yang akan saling menguatkan. Seburuk apapun keadaan yang menimpa, tak akan jadi penyesalan jika terus dihadapi bersama.

Apapun yang akan terjadi takkan pernah aku sesali, bila menjalani semua denganmu. Bila memahami semua denganmu…

Pria yang menguatkan si wanita untuk terus berjuang melewati titik terendah, yang menemaninya dan mendorongnya untuk kembali bangkit. Bukan pria yang lantas meninggalkan begitu saja saat keadaan sudah dirasa tak nyaman. Bukankah itu hal yang romantis?

TENTANG HIDUP
Menurut saya makna lagu ini kurang lebih sama dengan track sebelumnya. Namun ini versi sedihnya. Saat hidup terasa begitu sulit, di tokoh berusaha untuk menguatkan pasangannya.

Aku pun tak ingin kau meredup dan
membeku…

Romantis? Menurut saya iya. Perjuangan yang romantis. Tentang hidup. Iya. Ini tentang hidup.

Bertahan sayang dengan doamu. Kucoba bertanya pada Tuhanku. Percayalah sayang, kutak ingin semuanya berakhir. Kuberusaha untuk slalu disini.

BAPAK-BAPAK
Bapak, bapak, kucinta anakmu. Jangan kau halangi aku.

Kurang romantis apa lagi pria yang berani ‘menantang’ orang tua pasangannya? Tanpa ba bi bu menggombal, dia langsung menjanjikan pada si Bapak untuk menjaga anak gadisnya.

Kan kucinta anakmu selamanya. Biarlah waktu yang kan tunjukkan.

PERCAYAKAN PADAKU
Sesuai judulnya, di lagu ini si tokoh utama meyakinkan pasangannya untuk mempercayakan masa depan padanya. Dengan kalimat yang indah, dia mengajak si wanita untuk hidup bersama. Lagu ini begitu ringan saat didengarkan, namun memiliki makna yang dalam. Maka lagu ini menjadi salah satu track di list lagu terfavorit saya. Saya bahkan pernah menggunakan lagu ini sebagai hadiah ulang tahun untuk orang yang spesial. Hihihi.

Tumbuhlah jadi pendampingku…
Kekasih, percaya padaku, kau nyata tercipta tuk di sampingku…

Judul postingan kali ini sesuai dengan kenyataan kan? Album 07 Des memang penuh dengan lagu-lagu romantis. Maka album ini perlu dikantongi oleh pria-pria di luar sana, sebagai hadiah untuk pasangannya. Berterimakasihlah pada Sheila On 7 atas karya mereka yang luar biasa ini. Selamat jatuh cinta :)

SHEILAMAT 07 DES, GANK!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s