Trimester Tiga Kehamilan Kedua: Produksi ASI, List Kebutuhan Bayi dan Posisi Janin

Tepat memasuki minggu ke-27 kehamilan kedua ini, saya mendapati payudara sudah memproduksi ASI. Walau sebelumnya sudah tahu bahwa ASI memang sudah diproduksi saat hamil, tapi saya tetap kaget, karena kehamilan pertama ASI saya baru “keluar” di hari kedua/ketiga pasca persalinan.

Jadi memang saya rutin cek payudara untuk pembersihan area areola. Waktu itu kebetulan sekalian praktek marmet, mengingat-ingat lagi teori tentang pemerahan ASI menggunakan tangan. Saat praktek itulah ternyata ASI (kolostrum) saya keluar.

Teknik ini juga saya gunakan di kehamilan pertama, alasan kenapa saya tidak pernah punya mesin pompa ASI. Bagi yang sedang hamil, menurut saya perlu sekali mempelajari teknik pemerahan ini. Walau mungkin sebagian besar ibu menyusui memilih membeli pompa ASI, tapi tidak ada salahnya mempelajari cara manual jika suatu saat dibutuhkan di keadaan mendesak. Banyak artikel tentang marmet, cukup mudah dipelajari.

Kenapa ASI bisa diproduksi lebih awal? Saya kutip dari situs alodokter: ASI atau kolostrum yang keluar saat hamil atau sebelum bayi lahir menandakan payudara sudah siap memberikan ASI, dan itu adalah hal yang normal. Kolostrum berwarna kekuningan ini biasanya keluar sejak usia kehamilan 5–6 bulan atau pada trimester ketiga kehamilan.

List Perlengkapan Bayi

Selain kondisi badan yang terasa lebih tangguh, di kehamilan kedua ini sesi belanja perlengkapan bayi juga berbeda dengan list kehamilan pertama. Mungkin karena sudah punya pengalaman sebelumnya, punya bayangan apa yang dibutuhkan apa yang tidak terlalu penting, ditambah baju-baju bekas si kakak juga masih ada yang layak pakai, jadi list belanja saya kali ini kurang lebih sebagai berikut:

  1. Set baju tanpa lengan 3pcs
  2. Set baju lengan pendek 3pcs
  3. Set baju lengan panjang 3pcs
  4. Sarung tangan dan kaki (cadangan, hanya dipakai sebentar)
  5. Perlak
  6. Selimut
  7. Gendongan (punya kakak, SSC)
  8. Bak mandi (punya kakak)
  9. Set kasur (punya kakak)
  10. Bedong instan (punya kakak)
  11. Apron menyusui (punya kakak)
  12. Stroller
  13. Carseat

Kakak disini maksudnya barang lungsuran dari anak pertama saya.

Jauh berbeda dengan kehamilan pertama, stroller dan carseat kali ini masuk list kebutuhan karena mempertimbangkan kemudahan mobilitas saya sebagai ibu beranak dua. Dulu setiap kali jalan dengan suami, anak di dekapan saya. Sekarang akan jauh lebih aman jika si adik dibiasakan di carseat.

Sejauh ini list kebutuhan masih di kisaran list di atas. Untuk kebutuhan lain seperti sampo, sabun, minyak telon dan sebagainya sambil jalan saja. Sementara saya pribadi mungkin nanti cuma akan beli bra menyusui, menyesuaikan ukuran payudara busui.

Oh iya, di kehamilan 27 minggu ini, posisi janin masih sungsang. Agak berbeda dengan si kakak dulu yang cepat ke bawah. Jadi mungkin harus lebih sering nungging dan jalan kaki ya?

Perut asimetris akibat gerakan janin

1 thoughts on “Trimester Tiga Kehamilan Kedua: Produksi ASI, List Kebutuhan Bayi dan Posisi Janin

Tinggalkan komentar